AYO MENGHAFAL AL-QUR'AN: Mari bergabung menjadi penghafal Al-Qur'an dalam grup whatsapp dengan metode MANDIRI: 1.Sistematis, 2. Informatif 3. Simpel; Info & Pendaftaran Ikhwan klik MUSHAF1 dan Akhawat klik MUSHAFAH 1KONSULTASI WARIS ISLAM. Butuh solusi masalah waris keluarga online dan cepat ? klik KONSULTASI

Aplikasi Untuk Membuat Tulisan Arab dengan Keyboard Huruf Hijaiyyah

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Terkadang kita ingin membuat kata dan istilah dalam bahasa Arab non-ayat al-Qur'an atau hadits; terkadang kita ingin hanya sekedar menuliskan nama kita, tempat, istilah dll. yang tidak ada dalam aplikasi semacam al-Qur'an Online atau hadits Online. Misalnya: lafadz إنثالله "Insyaallah", شكرن "Syukran", من العايدين ولفائزين "Minal 'aidin wal faizin" dll. Bagi pemilik blog yang hendak menuliskan kata-kata Arab, saat ini halaman edit blogger sudah tidak menyediakan lagi fasilitas tersebut sehingga harus dicarikan aplikasi yang memiliki fasilitas penulisan dimaksud. Lewat artikel ini saya ingin mengajak anda untuk mecoba berlatih dan membiasakan menulis menggunakan huruf-huruf arab yang disediakan oleh aplikasi yaMLi.

Tahapan dan Cara

1. Kunjungi Yamli Smart Arabic Keyboard. Setelah kunjungan pertama, anda dapat menyimpan halaman Yamli sebagai bookmark ,atau anda bisa menambahkan widged Yamli ke blog anda. Kemudian akan terlihat tampilan halaman kerja keyboard arabic seperti di bawah ini (tanda panah kuning adalah bidang pengetikan).

2. Ketikkan dengan huruf latin kata apa yang anda inginkan, Yamli akan merubahnya menjadi huruf Arab.
Ketentuannya:
1. Huruf vokal (a,i,u,e,o) tidak berlaku untuk fathah, kasrah dan dhammah, ketiklah menggunakan huruf dasarnya saja.
Misalnya anda hendak menuliskan kata "sunah", ketiklah "snh"; maka Yamli akan menampilkan varian dari kata yang anda ketik,  jika hasil yang ditampilkan belum cocok dengan maksud anda, cobalah klik "Show more" di bagian bawah, Yamli akan menampilkan varian yang lain. pilihlah mana yang anda maksud dengan mengkliknya, misalnya anda memilih: سنه ;  untuk memindahkannya ke halaman artikel, blok dan copas hasil penulisan Yamli (seperti pada umumnya copas).
snh  ------>  سنه، سنح، صنه. ثنه، صنح، ثنح 
2. Huruf vokal hanya berlaku untuk mad (bacaan panjang).
Misalnya anda hendak menuliskan kata " sunaah" maka ketiklah :"snah", vokal "a" menunjukkan fathah mad (panjang 1 harakat).
snah ----->  سنة، سنه، سنح، سناه، ثناه، صنه، ثنه، سناح، صنح، صناح
Blok dan copas seperti cara no.1 untuk memindahkannya ke halaman artikel.

Sebagai tambahan, jika anda berminat menambahkan fasilitas yaMLi ke halaman blog anda, klik "Add to your site" di bawah bidang ketik. Maka aplikasi itu bisa dimanfaatkan untuk anda dan semua pengunjung blog anda.
Semoga bermanfaat.

3 komentar:

rachdit rahman mengatakan...

makasih gan infonya . . .
sangat bermanfaat . . .

muh elfian mengatakan...

kalau dicopy paste keword susunannya jd berubah, kenapa ya??????

Wasiun Mika mengatakan...

Coba dipindah/copas ke notepad dulu sebelum diterapkan, silakan kabari hasilnya.